Home

Cara merawat softlens dengan benar agar awet

17 April 2014
merawat dan membersihkan lensa kontak
Softlesen aau lensa kontak merupakan alat bantu yang sifatnya sanagt sensitif. Kesalahan dalam merawat softlens dapat merusak alat tersebut bahkan bisa mengganggu kesehatan mata si pemakai. Oleh karena itu hampir setiap kemasan softlens melampirkan tata cara perawatan yang benar. Kali ini saya juga akan berbagi sedikit tips agar lensa kontak kita tetap awet dan nyaman dipakai.


Setiap kali membeli softlens pastikan lenscase tersegel dengan baik, tidak jarang sebuah lens yang kita beli sudah pernah dipakai orang lain, dan bisa jadi pemakai sebelumnya memiliki penyakit yang dapat menular melalui air mata. Oleh karena itu hati-hati dalam membeli softlens di toko offline maupun online.

Setiap membeli softlens pastikan produk tersebut memiliki label standart ISO, SDA, CE, MHLW, dan KGMP. Standart tersebut menandakan bahwa softlens yang kita beli telah diuji kenyamanannya baik dari sisi pemakaian maupun kualitas bahan yang digunakan.

Cara merawat softlens yang baik dan benar:
  1. Setiap kali hendak menyimpan softlens pastikan tangan kita sudah dibersihkan, cuci tangan dengan sabun hingga bersih.
  2. Ambil lensa dari kotaknya letakkan di telapak tangan dan basuh dengan cairan pembersih softlens (solution). 
  3. Gosok lensa dengan ujung telunjuk secara perlahan selama 10 - 20 detik, baru dimasukkan dalam kotaknya.
  4. Isi kotak softlens tersebut dengan cairan pembersih lensa hingga seluruhnya terendam sempurna.
  5. Simpan ditempat yang aman jauh dari jangkauan anak-anak. 
Cara memakai softlens yang benar juga hampir sama dengan cara menyimpan, dimana sebelum kita memakai softlens tangan harus bersih, lensa yang baru dikeluarkan dari kotaknya juga sebaiknya dicuci dulu dengan cairan solution.

Bagaimana saya rasa penjelasan singkat ini telah merangkum semua inti dari perawatan softlense yang benar, jika ingin lebih lengkap coba baca brosur yang ada di kotak lensa kontak, biasanya disana tercantum cara membersihkan lensa.

Label:



Bagikan ke:
FacebookGoogle+
Comments:

Lihat dan beri Komentar

Archives